Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2012/01/membuat-menu-navigasi-dropdown-blog.html#ixzz1oPyySb00
Selamat menikmati segala berita yang ada pada kami.JHH Blog akan selalu Update berita terbaru seputar Juventus.

Perjuangan 120 Menit Juventus

Semi final leg kedua Coppa Italia kembali mempertemukan Juventus dengan AC Milan. Milan yang bertandang ke Juventus Stadium harus menderita ‘kerugian’ akibat kekalahan mereka di laga pertama 1-2. Untuk memenangkan pertandingan ini, Milan butuh skor dengan selisih dua gol atau satu gol dengan CATATAN Milan mencetak gol tandang lebih dari SATU (3-2, 4-3, dsb). Sedangkan Juventus cukup seri, atau kalah 0-1 pun masih berhak lolos ke final.

Line Up
Juventus: Storari; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, De Ceglie; Giaccherini, Pirlo, Vidal; Pepe, Del Piero, Vucinic
Milan: Amelia; Antonini, Mexes, Thiago Silva, Mesbah; Aquilani, Seedorf, Muntari; Emanuelson; Ibrahimovic, El Shaarawy
Babak I
Milan secara mengejutkan turun dengan tim intinya. Bahkan sang pemain andalan, Ibrahimovic, pun turun dari menit pertama. Sadar harus menang, Milan langsung menekan habis Juventus dari menit pertama. Bahkan bisa dibilang Juventus jarang memegang bola pada 15 menit pertama. Menit 20, peluang pertama terjadi namun sayangnya ini diciptakan oleh Milan. Setelah Lichtsteiner gagal membuang bola dari areanya, Ibra memanfaatkan bola liar itu dan langsung mengontrol bola dari sisi kanan Juventus. Dengan terukur Ibra menembak ke arah tiang jauh! Storari yang begitu sigap berhasil mematahkan tembakan tadi! Empat menit berselang giliran Seedorf dengan spekulasi jarak jauhnya! Sayang lagi-lagi tembakannya melenceng dari sasaran.
Selepas peluang-peluang Milan tadi, Juventus mulai menemukan irama permainan. Taktik satu dua sentuhan kembali diperagakan anak-anak asuh Conte malam itu. Namun Milan bukanlah Fiorentina, penetrasi-penetrasi Juventus pun sering berbuah nihil. Sampai pada menit ke 28, Lichtsteiner yang terpojok di sisi kanan Juventus memberi bola kepada Pepe. Melihat Vidal yang ikut membantu, bola diberikan kepada gelandang Chile itu. Bola pun kembali lagi ke kaki Pepe yang langsung memberikannya kepada Pirlo. Sang Maestro dengan jeli melihat gerakan Lichtsteiner dan mengirim bola lambung melewati Mesbah! Lichtsteiner dengan bebas memberi umpan kepada Del Piero yang berhasil lepas dari kawalan Mexes! Del Piero mengontrol bola dan menggocek Amelia! Gawang kosong, Del Piero menyontek bola dan GOOOOOOOLLLLLLLL!!!!!!!!!
Milan terkejut setelah mencoba memipin dimenit-menit awal. Sadar butuh dua gol untuk paling tidak memaksakan extra time, Milan jadi gegabah dan Juventus terlihat lebih tenang dengan keunggulan total sementara 3-1. Pertahanan Juventus begitu tenang dan disiplin sepanjang babak pertama, Ibra dan El Sharrawy pun tidak dapat berbuat banyak. Menit ke 44, giliran Pirlo mencoba mencetak gol ke gawang mantan klubnya. Namun tendangan kaki kirinya masih terlalu lemah untuk mengecoh Amelia. Dipenghujung babak pertama, Del Piero nyaris saja menggandakan keunggulan Juventus! Vucinic yang melepaskan umpan silang dari kanan berhasil disontek Giaccherini! Bola yang mengarah ke Del Piero terlalu deras dan sang kapten pun gagal memanfaatkan kemelut tadi! Babak pertama berakhir 1-0 untuk Juventus!
Recap Babak I
Juventus kembali turun dengan formasi empat bek malam itu dan tetap mengandalkan operan-operan pendek. Milan nampak telah mengantisipasi taktik Conte dan menerapkan strategi yang sama persis seperti ketika menahan Juventus di serie A beberapa pekan lalu. Emanuelsen yang di atas kertas diplot sebagai trequartista lebih difungsikan sebagai centre winger yang terus bergerak di sisi kanan/kiri terutama ketika kehilangan bola. Begitu juga Aquilani dan/atau Muntari yang ‘mendadak’ menjadi mezzala (alias winger bukan winger) ketika Milan kehilangan possession. Ini semua dilakukan demi meredam permainan melebar Juventus. Upaya ini cukup berhasil mematikan Juventus terutama diawal pertandingan. Ketika membangun serangan, Milan pun langsung menjelma menjadi 4-3-3 dengan Emanuelsen membantu duet Ibra-Sharrawy.
Juventus sendiri harus diakui sempat keteteran meladeni strategi Milan ini. Ketika bertahan mereka harus dihadapkan paling tidak dengan tiga pemain Milan. Belum lagi pergerakan Muntari ke dalam kotak penalty yang malam itu cukup baik. Sadar permainan Juventus tidak berjalan kemana-mana bila terus mempertahankan setplay yang ada, Vidal dan Giaccherini perlahan mulai bergeser lebih ke area sayap masing-masing. Demi menggempur sayap-sayap Milan, maka Juventus meletakan pemain extra dalam diri Vidal dan Giaccherini di sana ketika menyerang. Satu-dua sentuhan pun mulai sering dilakukan dimasing-masing sisi barisan penyerangan Juventus.
Ini terlihat jelas dari proses gol pertama Juventus. Dibawah adalah proses terjadinya umpan Pirlo kepada Lichtsteiner yang mana akan membuahkan gol Del Piero. Terlihat jelas ada empat pemain Juventus di sisi kiri pertahanan Milan. Ini membuat posisi Seedorf ketarik untuk menjaga Pirlo. Begitu juga Muntari yang mengcover Pepe dan Mesbah ke Lichtsteiner. Uniknya adalah kehadiran Vidal di sini yang dengan jeniusnya menarik Silva keluar dari areanya, ini membuat posisi Giaccherini leluasa untuk melakukan sprint ke depan dan Del Piero secara otomatis hanya ditinggal ‘berduaan’ dengan Mexes! Kesalahan utama terletak pada posisi Aquilani (lingkaran) yang ikut ketarik keluar dimana ia seharusnya mengcover lubang yang ditinggalkan Silva.
Sementara lini belakang patut diacungi jempol dalam meredam duet Sharrawy-Ibra. Well, bukan cerita baru kalau Chiellini mendadak menjadi serigala bila berhadapan dengan Ibra memang tapi perlu dicatat di sini bagaimana penampilan Bonucci dan De Ceglie yang semakin konsisten setiap gamenya. Terutama De Ceglie yang kendati terus menerus ditekan tidak menunjukan penurunan baik dari segi mental maupun fisik! Nampaknya keprcayaan Conte perlahan telah dibayar De Ceglie!
Babak II
Pergantian pemain pertama kali dilakukan Milan dengan menarik Ibra dan memasukan Maxi Lopez. Di awal babak kedua ini terlihat Juventus langsung melepas gas dan mencoba menahan keunggulan. Milan yang sadar peluangnya makin tipis terlihat bermain lebih rileks, tanpa beban. Malapetaka akhirnya datang pada menit ke 51. Mexes yang melepaskan umpan lambung ke kotak penalty Juventus dan secara mengejutkan disambut oleh sundulan Mesbah! 1-1! DAMN! Pepe terlihat lengah dalam menjaga Mesbah yang berlari di belakangnya.
Conte melakukan pergantian pertamanya dengan menarik Pepe di menit 63 dan memasukan Marchisio. Menit 64 terjadi dua peluang untuk kedua kubu! Cross dari Antonini hampir saja berhasil diterima Muntari! Untung sentuhan dan posisinya yang dijaga Lichtsteiner membuat bola hanya menghasilkan goal kick. Sementara beberapa saat kemudian Del Piero berhasil mengontrol bola masuk ke dalam kotan penalty Milan! Namun upayanya masih bisa diblok Silva.
Menit ke 74 giliran Borriello masuk menggantikan Alessandro Del Piero. Empat menit berselang free kick Pirlo dari sisi kanan berhasil mengecoh komunikasi Antonini dan rekan-rekannya. Hampir saja Antonini membuang bola ke gawangnya sendiri! Beruntung hanya terjadi corner. Menit 78 Allegri memasukan Inzaghi menggantikan El Sharrawy. Juventus terlihat puas dengan hasil seri ini dan hanya mencoba menahan skor hingga peluit akhir. Akhirnya menit 81 terjadi malapetaka untuk Juventus. Melalui Muntari yang cukup bebas menahan bola liar buangan Bonucci, bola dioper kepada Maxi yang berdiri di luar kotak penalty Juventus! Chiellini secara mengejutkan kalah duel dengan Maxi dan dengan leluasa Maxi berputar dan mengontrol bola dengan dua sentuhan! SHOOT dan gol! L Skor 2-1 untuk Milan berarti akan terjadi extra time bila skor bertahan!
Lima menit berselang Borriello hampir saja menyelamatkan Juventus. Giaccherini melepaskan umpan terobosandan Borriello lepas dari perangkap offside! Berhadapan satu lawan satu dengan Amelia! Shoot ARGH! Amelia berhasil menepis tembakan Borriello! Harus diakui dengan tekanan dan sudut yang sulit, peluang tersebut bukan peluang mudah. Milan terlihat tidak ingin pertandingan masuk sampai ke extra time. Mereka terus menggempur pertahanan Juventus disisa waktu sementara Juventus memasukan Caceres menggantikan Lichtsteiner yang terlihat kelelahan. Sampai peluit panjang dibunyikan skor masih 2-1 untuk Milan! Pertandingan lanjut ke babak Extra Time!!!!
Recap Babak II
Ini mungkin babak yang harus dilupakan dari pertandingan ini. Juventus terlalu santai dibabak kedua dan bisa dibilang sudah lepas gas selepas gol pertama Alex. Memang benar Juve punya keunggulan 3-1, namun patut pula diingat kalau extra time adalah bukan sebuah pilihan! Benar-benar mengejutkan juga bagaimana penurunan Giaccherini yang biasanya begitu mobil dalam membantu serangan dan pertahanan. Beberapa kali pemain mungil itu kehilangan bola atau salah oper atau bahkan kontrol yang tidak sempurna! Pepe pun seperti kelelahan dan kehilangan fokus dalam meng-cover celah-celah ketika Juventus kehilangan bola. Gol pertama jelas diakibatkan lengahnya Pepe mengantisipasi gerakan Mesbah. Mesbah sendiri tidak bermain spektakuler namun tidak adanya tekanan dari pemain Juventus di babak kedua membuat dia seperti Maldini baru!
Keputusan yang tepat mengganti Pepe dengan Marchisio. Ini berarti menambah tameng di lini tengah untuk merebut possession dan Giaccherini dibiarkan bebas di sisi kanan dan tetap menjalankan tugasnya dalam membantu pertahanan. Upaya ini sebenarnya cukup berhasil demi mempertahankan hasil seri tapi Juventus di babak kedua terlihat terlalu casual ketika bertahan. Ini terlihat dari gol kedua Milan. Kendati patut diakui gol tersebut murni karena kehebatan Maxi (well ga hebat-hebat banget sebenernya dia, tp golnya sih ajib), ruang dan waktu yang dimiliki Muntari untuk mengoper bola patut dipertanyakan. Begitu juga reaksi Chiellini yang malah sibuk bergulat dengan Maxi dari pada menjaga areanya. Mengapa saya bilang begini? Andaikan itu Ibra, adalah wajar Chiellini melakukan hal itu. Tapi ini Maxi yang mana, tanpa mengurangi rasa hormat, tidak memiliki skill control bola yang menawan. Rasanya Chiellini tidak perlu mengambil resiko untuk menempel ketat Maxi dalam hal ini dan seharusnya lebih mementingkan area defendingnya.
Lini tengah dan depan sendiri terlihat berbeda dengan masuknya Marchisio dan digesernya Giaccherini ke kanan. Lini tengah lebih berpower dalam meredam Milan dan kehadiran Giaccherini pun berhasil menekan Mesbah. Amat disayangkan kelengahan Juventus secara keseluruhan di babak kedua harus dibayar mahal dan tim harus menguras tenaga hingga 120 menit!
Extra Time
Juventus langsung tancap gas dan tidak buang-buang waktu dalam extra time. Dimenit 91, Vucinic melepaskan tembakan keras dari luar kotak! Amelia dengan baik menepis upaya Mirko tersebut! Bola liar jatuh pada kaki Marchisio! Namun sayang posisi yang tidak seimbang membuat bola malah melenceng jauh dari sasaran! Semenit kemudian giliran Giaccherini yang lepas dari perangkap offside! Umpan terobosan Vucinic berhasil dikontrol oleh Giac! Upayanya menggocek Amelia malah gagal! Kedudukan masih 2-1 untuk Milan! Menit 93, kali ini giliran Caceres yang berhasil maju ke depan dan menerima cross dari kiri! Sayang upayanya mengulang gol yang mirip di San Siro harus diblok bek Milan!
Menit 96, Pirlo memberikan umpan pendek kepada Mirko Vucinic yang berdiri di luar sisi kanan pertahanan Milan. Dengan satu sentuhan dan memanfaatkan ruang yang ada – BANG! GOLLLLLLL GOOOOOLLLLL GOOLLLLLLL Begitu indahnya tembakan Vucinic yang langsung meluncur deras ke arah tiang jauh gawang Amelia! One word: BEAUTIFUL! Milan terlihat semakin terpuruk dan kelelahan setelah gol Vucinic tadi. Storari sendiri tidak pernahkeluar dari gawangnya pada babak pertama extra time ini
Babak kedua extra time, Juventus mencoba mengontrol jalannya pertandingan dengan sabar dan tidak menggebu-gebu dalam membangun serangan. Fisik Milan pun terlihat tidak sanggup lagi meneruskan pertandingan ini. Tekel-tekel dan pelanggarang pun bertebaran. Juventus sendiri mencoba mengulur-ulur waktu demi mempertahankan ‘keunggulannya’. Tidak ada peluang berarti di babak kedua extra time ini, namun determinasi, fokus dan konsentrasi Juventus untuk tidak kecolongan di paruh kedua extra time ini patut diacungi jempol! Dilima belas menit akhir pertandingan, operan-operan pemain Juventus nampak rapih dan disiplin, Milan pun tak kuasa untuk membangun serangan. 2-2 sampai peluit panjang dibunyikan! Juventus pun lolos dengan agregat 4-3!
Summary
Dibabak extra time, mata Juventus terbuka lebar dan kesadaran untuk lolos akhirnya muncul! Tanpa ampun Juventus menggempur habis pertahanan Milan terutama di 15 menit babak extra time. Di sini nampak kebugaran fisik Juventus berperan besar. Kita semua tahu bagaimana gilanya Conte dalam menggenjot fisik tiap pemainnya dan nampaknya upaya Conte benar-benar berbuah manis malam itu. Milan malah menunjukan efek sebaliknya, Emanuelsen yang bermain baik selama 90 menit malah terlihat sering salah kontrol dan hilang fokus, begitu juga Seedorf (well he is old already). Kehadiran pemain sekaliber Inzaghi dan Maxi pun tidak berpengaruh banyak ketika lini tengah sudah kehilangan tenaga dan arah.
Gol Vucinic sendiri adalah bukti bagaimana Milan kedodoran secara fisik dan fokus. Vucinic berdiri bebas dan memiliki ruang paling tidak dua meter untuk melakukan tembakan, terlihat di sini bagaimana kelelahan membuat tim sekaliber Milan melakukan kesalahan dasar sepakbola! Namun satu hal yang juga perlu diacungi jempol, Vucinic yang terkenal sebagai ‘pemain malas’ selama karirnya tapi bisa bermain 120 menit penuh dan menentukan langkah Juventus kali ini! Walau masih sering terlihat egois dan kehilangan bola, diharapkan gol-gol Vucinic masih terus bertambah dan dapat menaikkan moralnya dilaga berikut. Namun terlepas dari kritik atau sisi negative, ini semua adalah sebuah prestasi tersendiri untuk Conte dan seluruh pemain dalam bekerja keras demi mengembalikan Juventus!
Walaupun akhirnya Juventus ‘kalah’ dalam waktu normal (90 menit) dan seri setelah extra time, Juventus dipastikan lolos ke final. Kredit perlu diberikan kepada Milan yang tidak tinggal diam kendati dari awal memiliki peluang yang sangat tipis. Juventus sendiri sebenarnya bermain baik dalam meladeni Milan dan sama sekali tidak terlihat menganggap remeh karena kemenangan di laga pertama. Namun strategi ‘lepas gas’ kepagian di babak kedua harus dibayar mahal sehingga tim diwajibkan bermain selama 120 menit. Lawan Juventus nanti adalah pemenang antara Napoli atau Siena yang akan bertarung besok. Dapatkah Juventus meraih gelar Coppa-nya yang ke-sepuluh?! AMIN!
Juventus 2-2 Milan aet (4-3 agg)
Scorers: Del Piero 27 (J), Mesbah 51 (M), Maxi Lopez 81 (M), Vucinic 96 (J)
Juventus: Storari; Lichtsteiner (Caceres 90), Bonucci, Chiellini, De Ceglie; Giaccherini, Pirlo, Vidal; Pepe (Marchisio 63), Del Piero (Borriello 73), Vucinic
Milan: Amelia; Antonini, Mexes, Thiago Silva, Mesbah; Aquilani (Nocerino 67), Seedorf, Muntari; Emanuelson; Ibrahimovic (Maxi Lopez 46), El Shaarawy (Inzaghi 77)
Del Piero with Seedorf’s shirt….errr…..
Share on :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

gambarnya ilang sob mohon di perbaiki, mampir yah ke blog ane


forzajuventus-1897.blogspot.com

Kilas Balik Juara Europa League 1989-1990

Posting Komentar

 
© Copyright Juventini Hura-Hura 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all